Friday, July 6, 2018

Jangan Biarkan Perasaan atau Komentar Negatif Memengaruhi Pemulihan


Para ibu yang mesti menjalani operasi caesar saat persalinan, memang perlu waktu lebih lama untuk memulihkan diri. Hal ini kadang menjadi lebih berat, saat Bunda kurang memperoleh dukungan atau mendengar berjenis-jenis komentar yang negatif. Jangan cemas, sebab ada beberapa metode yang bisa Bunda lakukan supaya lebih kencang pulih setelah operasi caesar.

Memulihkan diri setelah operasi caesar memang berbeda dibandingi pemulihan setelah melahirkan dengan pengerjaan normal. Setelah caesar, Bunda perlu tinggal sedikit lebih lama di rumah sakit, sekitar 3-4 hari. Kecuali agak susah berjalan dan bangun dari tempat tidur, Bunda mungkin juga merasa lebih susah untuk buang air besar.


Mungkin Bunda termasuk dari beberapa ibu yang sungguh-sungguh ingin dan berusaha untuk melahirkan secara normal. Sehingga, Bunda merasa kecewa saat dokter mempertimbangkan untuk melakukan operasi caesar. Perasaan ini bisa terus terbawa hingga setelah persalinan dan memengaruhi masa pemulihan. Apalagi bila orang-orang yang datang menjenguk menanyakan, “Kok melahirkan dengan operasi caesar?”

Bunda perlu memilah mana komentar yang perlu didengar dan mana yang tak, sekalipun itu dinyatakan oleh orang yang Bunda hormati. Kalau dirasa bisa menenangkan, Bunda bisa mendiskusikan perasaan Bunda dengan orang dekat yang Bunda percaya.

Bunda perlu mendapatkan kenyataan bahwa ada keadaan tertentu yang membuat operasi caesar lebih perlu untuk dijalani demi keselamatan ibu dan bayi. Menjalani operasi caesar juga tak membuat Bunda kurang berjuang sebagai ibu ataupun menjalani persalinan yang kurang ideal.

Mengalami baby blues setelah melahirkan, awam terjadi, baik pada ibu yang melahirkan secara normal ataupun caesar. Tetapi bila ini terjadi berminggu-pekan atau berkepanjangan, sebaiknya konsultasi ke dokter atau psikolog untuk mendapatkan penanganan. Jangan hingga perasaan negatif ini membuat Bunda tak bisa mengasuh Si Kecil atau berpikir untuk menyakiti diri sendiri.

Hal yang terlebih, tak perlu membandingkan keadaan Bunda dengan orang lain. Semisal dengan rekan atau saudara yang melahirkan normal atau yang lebih kencang pulih setelah operasi caesar. Kondisi masing-masing orang berbeda. Hal terlebih yakni fokus pada kesehatan Bunda dan bayi, supaya dia memperoleh gizi dan pengasuhan yang ideal.

Jadi jangan biarkan hal atau komentar negatif menghambat pengerjaan pemulihan setelah operasi caesar. Lakukan metode-metode di atas dan periksakan diri ke dokter secara terencana . Semoga lekas pulih ya, Bunda.

No comments:

Post a Comment

Keuntungan menggunakan layanan weekend banking Bank Danamon

Aktivitas selama berprofesi dari Senin sampai Jumat acap kali kali membikin kita tidak sempat untuk ke kantor Bank Danamon walau hanya u...